TEKS DESKRIPSI

Hai kawan, Tahukah kamu apa itu teks deskripsi? Pernahkah kamu mendengar teks deskripsi? Pernahkah kamu mendenmgar tentang teks deskripsi? Jika belum, mari kita literasi. 

Teks deskripsi adalah salah satu materi teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk semester pertama kelas VII K-13. Teks deskripsi adalah materi pertama yang diperkenalkan kepada siswa tingkat SMP. Materi ini juga cukup sering muncul di dalam naskah soal. Baiklah, langsung saja ke materi Teks Deskripsi.

PENGERTIAN TEKS DESKRIPSI
Teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan secara jelas mengenai sesuatu, dapat berupa makhluk hidup maupun tidak hidup. Menurut Utorodewo (2007), tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.
CIRI-CIRI TEKS DESKRIPSI
Teks deskripsi memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat dengan mudah dikenali oleh pembacanya. Umumnya, ciri-ciri dari teks ialah:
1.      Tiap paragraf berisikan deskripsi atau penggambaran.
2.      Penjelasan yang digambarkan sangat rinci dan mendetail.
3.      Melibatkan kesan indera sehingga pembaca ikut membayangkan apa yang sedang dibahas.
4.      Menjelaskan ciri fisik atau psikis objek.

STRUKTUR TEKS DESKRIPSI
Pada umumnya, teks deskripsi disusun oleh empat elemen dasar yaitu:
1.      Judul : untuk mengetahui apa isi dari teks deskripsi tersebut.
2.      Identifikasi : merupakan kalimat pengantar mengenai apa yang akan dijelaskan pada teks deskripsi.
3.      Klasifikasi : berisikan urutan atau penggolongan dari topik yang akan dibahas.
4.      Deskripsi : penjelasan secara detail mengenai topik yang dibahas.

JENIS TEKS DESKRIPSISeperti yang kita tahu, teks deskripsi memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu, teks deskripsi digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :
1.      Teks deskripsi subjektif, merupakan teks deskripsi yang mengambil topik berdasarkan kesan atau penilaian dari penulis teks tersebut.
2.      Teks deskripsi spastal, yaitu teks deskripsi yang menggambarkan sebuah lokasi atau ruang.
3.      Teks deskripsi objektif, teks deskripsi yang menggambarkan keaadan dari sebuah objek tanpa menambahkan penilaian dari penulis teks.



Komentar